Selasa, 14 Agustus 2018

Asi Tersumbat hingga Mastitis!




Duileh judulnya kenapa kudu saya kasih tanda seru ya? Biar apa? Biar seru aja...*ditoyornetijen*
Iya karna rasa mastitis itu seseru itu buibu. Bagi Ibu menyusui mastitis adalah mungsuh besar yang perlu dihindari, pokok kalo pas ketemu Mastitis..mending kita puter balik deh, atau pura-pura jadi tembok biar aman. Halah. Btw siapa sih mastitis?kenapa dia harus jadi mungsuh? Sejahat itu kah kamu mas....titis!

Namanya Mastitis, dia bukan mas-mas yang punya nama titis, apalagi titit *lupasensor *

Oke oke saya mulai serius nih, Mastitis adalah infeksi pada saluran payudara yang sering terjadi pada ibu menyusui dan bisa mengganggu proses menyusui.

Pengalaman saya didunia menyusui, Puting lecet saja kita sampai meringis kesakitan, apalagi beberapa kali Asi saya tersumbat, seperti ada benjolan di payudara yang harus dikeluarkan, kalo sudah tersumbat biasa payudara berasa sakit, proses menyusui pun jadi lama, biasa pumping cm butuh waktu 15-20 menit, ini lebih, asi yang keluar benar-benar setetes demi setetes.

Biasa kalo sudah begini, payudara saya pijat-pijat, kalo sedang bersama Raka, saya kasihkan payudara saya yang tersumbat, biar lancar. Sejauh ini tips sederhana itu mempan, tidak butuh waktu lama asi lancar kembali kayak jalan tol Surabaya-Jombang yang dipatok harga 80K, cepet tapi mahal. Lah kenapa jadi curhat?

Tapi bagaimana kalo sudah mastitis?

Suatu pagi saya sudah ngerasa Payudara (selanjutnya saya singkat PD ya) kenceng banget, saya coba kasihkan ke Raka daripada harus pumping, eh si bayi nolak karna dia masih kenyang abis makan, ya sudah saya tetap pumping sambil pijat-pijat aja. Siangnya dikantor PD saya makin sakit dan kenceng, saya coba pumping lebih lama sambil pijat-pijat, tetep ga mempan. Begitu juga sore hari dikantor, PD saya semakin menjadi-jadi sakitnya, disini saya mulai ngerasa ga enak badan, my body is not delicious!

Buru-buru pulang dengan harapan si nak bayi nyusu langsung ke maknya, apesnya Raka masih kondisi kenyang. Well badan saya makin ga karuan, mendadak panas dingin sambil megangin PD yang cenut-cenut. Mungkin kah ini yang dinamakan....................................................................................................................................jatuh cinta? (inget woi situ sudah punya anak! *toyorkepalasendiri)

Gara-gara Mastitis saya harus ijin 2 hari buat bolos kerja. Lalu bagaimana saya bisa sembuh? Apakah saya ke mbah dukun minta jampi-jampi lalu disembur? ah...musyrik! Apakah saya ke orang (yang katanya) pintar buat minta kesembuhan? ah...kenapa tuh orang ga jadi dokter aja?

Berikut tips yang saya himpun dari berbagai informasi yang saya coba sendiri :
1. Kompres PD dengan air hangat sambil dipijat-pijat
2. Dinginkan Kubis dalam kulkas, lalu kompres PD dengan Kubis sambil dipijat-pijat, sisa Kubis bisa dicemil kalo situ khilap :P (well...ini saran dari teman saya yang katanya gubis itu punya kadar menetralkan sakit, believe or not? Saya coba saran ini)
3. Potong-potong daun ketela rambat, lalu campur dengan kapur sirih, oleskan di PD sambil dipijat-pijat (ini saran dari mbah buyut didesa)
4. Sesering mungkin menyusui direct ke Bayi dan pumping, untuk melancarkan.

Mana yang paling mempan? Nah...karna saya coba semua dalam waktu yang berdekatan, jadilan saya ga tau, muahahahaha. Yang penting sembuh, ibu ga boleh sakit, ya kan?

So silakan dicoba tips berdasarkan pengalaman saya ini ya...selamat mengASIhi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar